Pengikut

Iklan Atas

20 Jan 2012

Menggabungkan file ke gambar


Salah satu fungsi dari CMD yang kusuka adalah penggabungan 2 file. Dengan cara ini kamu dapat menyembunyikan dua file dalam 1 file, alias menjadikan 2 file menjadi satu. Kelihatannya memang gampang ya. Tapi hanya jenis file tertentu saja yang dapat digabung dan mudah untuk dibuka lagi.
Berdasarkan percobaan2 yang aku lakukan. Karena tujuan dari penggabungan file ini hanya untuk kamuflase. Yang paling mudah adalah dengan menggabungkan file gambar dengan file .zip, .rar, .7z dan sebagainya. Kenapa demikian? Sebenarnya kamu dapat juga menggabungkan berbagai macam file, namun kamu akan mengalami berbagai macam kesulitan dalam memisahkannya kembali.
Yang dibutuhkan
Hal yang kamu butuhkan adalah sebuah file image, file archive, Command Prompt dan WinRAR.
Image
Dari percobaan yang saya lakukan, file format yang didukung adalah .jpg.jpeg,.gif, dan .png. selain itu tidak dapat digunakan. Apabila kamu memaksakan menggunakan file image selain yang disebutkan yang diatas, akan muncul pesan yang menyatakan bahwa file archive tidak ditemukan. Selain file format, metadata dari file image juga berpengaruh. Perhatikan 2 gambar dibawah;

Bandingkan metadata dari kedua file jpg tersebut. Yang atas(11.jpg) adalah yang mendukung pengabungan dengan file archive, sedangkan yang bawah(1.jpg) tidak. Penyebabnya belum pasti aku ketahui.
Archive
Untuk membuat file archive aku sarankan menggunakan WinRAR. Sekalian nanti kita gunakan untuk membuka file gabungan. WinRAR dapat kamu download disini
Langkah-langkah
Persiapan
  1. jika belum mempunyai WinRAR, segera donwload dan install
  2. buatlah file archive dari file (atau beberapa file) yang akan kamu sembunyikan dalam file image.
  3. siapkan file image yang mendukung penggabungan file, seperti yang dijelaskan diatas.
  4. ada baiknya kamu mengumpulkan semua file itu dalam satu folder
Cara kerja
Dalam contoh ini, aku menyiapkan file2 yang akan aku otak-atik dalam 1 folder yang ada di drive E:, aku berinama foldernya dengan nama XXXX. File2 yang tersimpan di dalamnya adalah, 3.rar4.zip5.gif11.jpgjpg1.jpg13.png. File .rardan .zip berisi file yang akan aku sembunyikan.
Aku akan menggabungkan file 3.rar dengan file 11.jpg dan mengubahnya menjadi113.jpg. Masuklah ke Command Prompt. Tuju folder tempat kamu menyimpan file kamu. Masukkan perintah ini
Akan muncul pesan bahwa 1 file telah dibuat
Lihatlah kembali ke folder kamu. Disitu kamu menemukan file yang baru saja kamu buat.
Coba kamu klik ganda file itu, maka kamu akan mendapati bahwa file itu dapat dibuka sebagai file image biasa.
Tapi coba kamu buka dengan WinRAR, klik kanan>>open with>>WinRAR. Apabila WinRAR tidak ada disitu, pilih Choose Program.... cari WinRAR.
Kamu akan mendapati di dalam file image tersebut terdapat file2 yang telah kamu buat archive-nya.
Suatu trik penyamaran yang nyaris sempurna. Sampai jumpa pada tutorial mendatang.
Catatan:
  1. ada baiknya kamu membuat salinan dulu dari file yang akan kamu gabungkan
  2. perhatikan format filenya
  3. perhatikan meta data dari file imagemu
  4. ingat urutan syntax perintah CMD, jangan sampai terbalik
  5. aku tidak bertanggung jawab atas kerusakan sistem kamu

0 komentar:

Posting Komentar